SOSIALISASI PENDIDIKAN : UPAYA MAHASISWA UNISKA UNTUK MEMBERIKAN MOTIVASI DAN INOVASI KEPADA REMAJA SEBAGAI GENERASI EMAS DI SMK MAESTRO ISLAMIC SCHOOL BANJARMASIN

Kegiatan pengabdian masyarakat bertema “Membangun Generasi Muda Berkarakter Melalui Pendidik dan Lingkungan Positif Sebagai Pondasi Generasi Emas” dilaksanakan di SMK Maestro Banjarmasin (15/11). Acara ini melibatkan 11 orang Mahasiswa Semester 3 Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang di  pimpin Oleh Chindy Cahya Putri Selaku Ketua Pelaksana dan di koordinasikan oleh ibu Devia Hetty Hernany, S. Sos, M.A. Dan di dampingi oleh 3 dosen pendamping.

Kegiatan ini di hadiri oleh 35 siswa SMK Maestro Islamic School Banjarmasin , didampingi oleh tiga orang guru pendamping. Materi yang dibahas meliputi Peran Pendidikan dan Lingkungan dalam mempersiapkan generasi muda untuk mampu menghadapi perubahan yang terjadi akibat perkembangan teknologi yang pesat, terutama dengan munculnya Revolusi Industri.  Oleh karena itu kolaborasi antara sekolah dan keluarga menciptakan sinergi yang kuat, di mana nilai-nilai yang diajarkan di sekolah diperkuat dan diterapkan di rumah. Komunikasi aktif antara sekolah dan orang tua memberikan dukungan tambahan dalam upaya membentuk karakter siswa, menciptakan fondasi yang kokoh untuk perkembangan karakter.

Tujuan Kegiatan ini meliputi Pentingnya Pendidikan Karakter: Mengintegrasikan nilai-nilai moral dan etika dalam proses pembelajaran sehari-hari. Peran Lingkungan Positifuntuk Mendorong siswa untuk aktif menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan diri secara holistik.Pendidikan Berbasis Kolaborasi Memperkuat hubungan antara guru, siswa, dan orang tua untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang berkesinambungan. Sehingga Para Siswa dapat menciptakan inovasi dan Kreativitas mereka agar bisa menjadi menjadi pemimpin yang unggul dan berdaya saing global.

Partisipasi Aktif Siswa aktif berpartisipasi dalam diskusi , menunjukkan minat yang tinggi untuk mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Peningkatan Pemahaman Sebagian besar siswa menunjukkan pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya pendidikan karakter.

Salah satu guru pendamping Bapak Muhammad Arisandy Rizky, M.Pd menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini, yang dianggap sejalan dengan visi SMK Maestro Islamic School Banjarmasin untuk mencetak siswa berkarakter dan siap menghadapi tantangan masa depan. Komitmen Guru pendamping menyatakan kesediaan untuk terus mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

sumber: Chindy Cahya Putri